Fakta Manfaat & Khasiat Bawang Hitam Dejanu - Bawang Hitam Dejanu

Fakta Manfaat & Khasiat Bawang Hitam Dejanu

5 bulan yang lalu    
FAKTA & MANFAAT BAWANG HITAM DEJANU
Bawang Hitam Dejanu adalah bawang putih yang difermentasi secara enzimatis dengan pengaturan suhu dan kelembaban tertentu. Waktu yang digunakan untuk membuat bawang hitam cukup lama. Proses pembuatan biasanya 30, 60 bahkan sampai 90 hari tergantung bahan baku bawang putih dan alat yang digunakan.

 

Bawang Hitam berasal dari Bawang Putih yang difermentasi dengan pengaturan suhu dan kelembaban. Bawang putih (Allium sativum L.) adalah rempah yang termasuk dalam kelas allium. Tanaman bawang putih berbentuk umbi yang meliputi bawang dan daun bawang. Kandungan utama dalam keseluruhan bawang putih adalah senyawa sulfur, alliin dan enzim alliinase yang terkandung dalam siung-siung terpisah bawang putih.

Ketika bawang putih dipotong, dihancurkan atau dimemarkan, komponen-komponen di atas bergabung membentuk alliicin dan senyawa lain yang dengan cepat berubah menjadi berbagai senyawa organosulfur, termasuk S-allyl cysteine (SAC). Kandungan utama yang memberi manfaat kesehatan pada bawang putih adalah SAC (1).

Bahan baku bawang hitam adalah bawang putih. Ada dua jenis bawang putih yang digunakan untuk membuat bawang hitam yaitu bawang putih bonggol dan bawang putih tunggal. Bawang putih bonggol jika diproses menjadi bawang hitam bonggol sedangkan bawang putih tunggal setelah diproses menjadi bawang hitam tunggal.

Oleh karena cara pembuatan bawang hitam yang membutuhkan waktu yang lama, kesabaran, pengamatan yang jeli dan penyusutan yang tinggi sehingga harga bawang hitam bisa lebih tinggi 5 kali lipat dari bawang putih biasa.

Bawang hitam dihasilkan ketika bawang putih difermentasi dengan pengaturan suhu dan kelembaban mengalami reaksi maillard. Penelitian telah menunjukkan secara signifikan bahwa SAC, aktivitas antioksidan (2), total polifenol dan kandungan flavonoid pada bawang hitam lebih tinggi dibanding bawang putih (3).

Antioksidan dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang terbentuk secara alami ketika tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi ketika berolahraga. Tubuh Anda juga terkena radikal bebas dari berbagai sumber eksternal termasuk asap rokok, polusi udara, dan sinar matahari (4).

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, suatu proses yang dapat memicu kerusakan sel. Stres oksidatif dianggap berperan dalam perkembangan penyakit termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson (4).

Bawang hitam juga dapat membantu mengurangi tingkat Low Density Lipoprotein - LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bawang putih hitam telah terbukti mengurangi penanda aterogenik (pembentukan deposit lemak di arteri) yang memberikan manfaat perlindungan kardio untuk pasien dengan hiperkolesterolemia ringan (tekanan darah tinggi) (5).

Referensi:

  1. Intake of Garlic and Its Bioactive Components. JN Nutrition. The American Society for Nutritional Sciences, March 2001.
  2. Changes in S-allyl cysteine contents and physicochemical properties of black garlic during heat treatment. LWT – Food Science and Technology, May 2013.
  3. Physicochemical and antioxidant properties of black garlic. Department of Food and Nutrition, Kyung Hee University Korea, October 2014.
  4. Antioxidants: In Depth. National Center for Complimentary and Integrative Health, May 2016.
  5. Reduction of blood lipid parameters by a 12-week supplementation of aged black garlic. Clinical Trial Center for Functional Foods in Chonbuk National University Hospital, September 2014.
Disclaimer:
Konten yang disediakan hanya untuk tujuan informasi saja. Ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran dari dokter Anda atau profesional kesehatan terdaftar lainnya. Selalu mencari saran dari profesional perawatan kesehatan terdaftar untuk diagnosis dan jawaban atas pertanyaan medis.
 

BELI BAWANG HITAM DEJANU (KLIK) 




Komentar Artikel "Fakta Manfaat & Khasiat Bawang Hitam Dejanu"