Bawang Hitam Dejanu, The Legend of Black Garlic - Bawang Hitam Dejanu

Bawang Hitam Dejanu, The Legend of Black Garlic

5 bulan yang lalu    

Bawang hitam adalah bawang putih yang difermentasi secara enzimatis dengan pengaturan suhu dan kelembaban tertentu. Waktu yang digunakan untuk membuat bawang hitam cukup lama. Proses pembuatan biasanya 30, 60 bahkan sampai 90 hari tergantung bahan baku bawang putih dan alat yang digunakan.

 

Bawang hitam merupakan makanan sehat yang berasal dari Korea dan Jepang. Semenjak memenangkan pameran makanan di Amerika, bawang hitam semakin populer di dunia. Banyak negara yang mengembangkan bawang hitam karena manfaat dan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek samping. Di Indonesia, salah satu merk yang menjadi pionir adalah Bawang Hitam Dejanu. Bawang Hitam Dejanu dengan tagline The Legend of Black Garlic telah menyebar ke seluruh Indonesia. Banyak yang telah merasakan manfaatnya.

 

Bahan baku bawang hitam adalah bawang putih. Ada dua jenis bawang putih yang digunakan untuk membuat bawang hitam yaitu bawang putih bonggol dan bawang putih tunggal. Bawang putih bonggol jika diproses menjadi bawang hitam bonggol sedangkan bawang putih tunggal setelah diproses menjadi bawang hitam tunggal.

 

Oleh karena cara pembuatan bawang hitam yang membutuhkan waktu yang lama, kesabaran, pengamatan yang jeli dan penyusutan yang tinggi sehingga harga bawang hitam bisa lebih tinggi 5 kali lipat dari bawang putih biasa.

 

Bawang hitam dibuat secara alami dan tanpa tambahan zat apapun. Sebagian orang mengkhawatirkan bahwa bawang hitam bahaya bagi kesehatan, Namun, sebenarnya bawang hitam aman bagi kesehatan.

 

Manfaat Bawang Hitam dan Khasiat Bawang Hitam

 

Manfaat bawang hitam sangat banyak sekali. Bawang hitam merupakan makanan atau camilan yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Manfaat bawang hitam antara lain dapat menurunkan diabetes (gula darah), kolesterol, asam urat, darah tinggi. Bawang hitam juga bagus untuk membantu penyembuhan asam lambung dan maag. Kandungan anti oksidan, anti bakteri dan anti virus pada bawang hitam menjadikan bawang hitam berguna sebagai anti kanker yang ampuh.

 

Bawang hitam juga dapat meningkatkan stamina dan vitalitas sehingga menambah kaharmonisan rumah tangga, menghilangkan capek-capek bagi olahragawan, pekerja keras, sopir. Bawang hitam dapat menghilangkan capek karena kemampuannya dalam memperlancar peredaran darah dan membersihkan lemak jahat dalam tubuh.



Efek Samping Bawang Hitam

Bawang Hitam dibuat secara alami dan tanpa zat apapun sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Memang dalam teknik pembuatan, ada juga yang membuat bawang hitam dengan menggunakan alkohol dalam fermentasinya. Namun untuk Bawang Hitam merk Dejanu dibuat tanpa alkohol. Bawang Hitam Dejanu dibuat secara halal, hanya menggunakan teknik pengaturan suhu, kelembaban dan waktu.

 

Bawang Hitam Tunggal

Jika di Korea lebih populer Bawang Hitam Bonggol namun di Jepang yang populer adalah Bawang Hitam Tunggal. Bawang Hitam Tunggal adalah bawang hitam dari bawang putih tunggal. Dikatakan tunggal karena siungnya tunggal tidak bergerombol. Zat aktif yang dikandung relatif sama dengan bawang putih bonggol sehingga manfaat dan khasiatnya juga relatif sama. Tergantung selera masing-masing.

 

Bawang Hitam Tunggal di Indonesia dikenal dengan sebutan Bawang Hitam Lanang. Masyarakat Indonesia sebelumnya sudah populer dengan bawang putih tunggal atau bawang putih lanang sebagai jamu.

 

Pada umumnya mereka yang menderita gula darah (diabetes) lebih cocok menggunakan bawang hitam bonggol. Bawang hitam bonggol kurang manis dibandingkan bawang hitam tunggal. Namun jangan khawatir, walaupun bawang hitam bonggol kurang manis tidak berarti rasanya getir. Rasa bawang hitam bonggol tidak getir dan juga tidak bau bawang. Rasanya mirip dodol atau kismis, ada yang bilang juga mirip kurma.

 

Para pria dan olahragawan biasanya lebih senang mengkonsumsi bawang hitam tunggal atau bawang hitam lanang. Mungkin juga dari sebutan namanya menimbulkan sugesti sehingga lebih disukai oleh para pria.

 

Harga Bawang Hitam

Harga bawang hitam memang cukup mahal sekitar 5 kali lipat harga bawang putih mentahnya. Hal itu dikarenakan karena biaya peralatan, listrik pemanas berminggu-minggu, waktu yang lama, kesabaran, penyusutan yang tinggi (50% dari bawang putih segar). Harga Bawang Hitam Dejanu lebih murah dibanding harga bawang hitam import. Sebagai perbandingan, harga tahun 2015 untuk bawang hitam import berkisar Rp. 300.000/pack (isi 10 bonggol). Bawang hitam Dejanu cukup murah hanya berkisar ⅓  nya harga bawang hitam import.

 

Bawang Hitam Bahaya

Banyak yang mengkhawatirkan apakah bawang hitam bahaya bagi kesehatan? Bawang hitam pada dasarnya sama dengan bawang putih. Jika sehari-hari dalam memasak kita menggunakan bawang putih berarti bawang hitam juga aman bagi kesehatan. Bawang hitam lebih sehat dari bawang goreng. Di Vietnam bawang hitam menjadi suplemen penting di rumah sakit untuk mempercepat proses rehabilitasi penyembuhan pasien. Di Indonesia juga mulai banyak dokter yang merekomendasikan sebagai suplemen dalam proses penyembuhan.

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Bawang Hitam Dejanu, The Legend of Black Garlic"